Kristal Asam Urat Mematikan

Asam urat atau Gout merupakan suatu penyakit yang menyerang bagian-bagian persendian pada tubuh. Asam urat dapat terjadi karena konsumsi zat yang bernama purin secara berlebihan dan membuat zat purin tersebut gagal dicerna dan di keluarkan oleh ginjal, makaka zat purin tersebut akan mengkristal dan menempel serta menumpuk pada bagian-bagian persendian, sehingga menghambat kerja persendian dan menjadikan penyakit asam urat.  Kristal asam urat terbentuk karena jumlah zat asam urat yang dikeluarkan tubuh lebih kecil daripada yang diserap oleh tubuh. Padahal zat asam urat merupakan limbah yang harus dikeluarkan dari tubuh melalui organ ginjal dalam bentuk urine.

Asam urat bukan merupakan penyakit yang datang tiba-tiba, dengan kata lain gejala asam urat muncul secara bertahap. Penderita asam urat seringkali justru mengabaikan gejala awal yang muncul karena dianggap akan segera hilang. Apabila telah mengidap asam urat, akan sulit menghindari kambuhnya kembali asam urat.

Batas Normal Kadar Asam Urat Di Dalam Tubuh

Sama halnya dengan kolesterol, asam urat pun memiliki batas normal. Saat ingin memakan makanan, lihatlah terlebih dahulu zat purin yang ada di dalam makanan itu apakah melebihi batas normal asam urat atau tidak. Batas normalnya adalah sebagai berikut ini : Untuk laki-laki batas normalnya adalah 3,5-7 mg dan wanita batasnya adalah 2,6-6 mg.

Fungsi Asam Urat

Fungsi asam urat sebagai zat antidioksidan dalam tubuh, untuk melindungi lapisan pembuluh darah. Asam urat adalah hasil dari proses metabolisme tubuh, namun jika fungsi ginjal tidak bekerja maksimal, akan terjadi kelebihan asam urat.

Faktor-faktor Penyebab Asam Urat Tinggi

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan kadar asam urat tinggi dalam darah Anda meliputi :

1.  Jenis kelamin. Pria memiliki resiko lebih besar mengalami gejala serangan asam urat jika dibandingkan dengan wanita. Hal ini disebabkan karena hormon esterogen pada wanita mampu menurunkan kadar asam urat serta memperlancar pembuangannya melalui ginjal. Kadar asam urat di dalam tubuh pria meningkat selama masa puber.

2.  Faktor usia. Sebagian besar gangguan asam urat terjadi pada orang-orang yang berusia antara 40 hingga 50 tahun. Pada wanita, penyakit ini umumnya terjadi setelah mengalami masa menopause.  Gangguan asam urat jarang terjadi pada anak-anak dan remaja.

3.  Riwayat keluarga. Seseorang yang mengalami gangguan asam urat lebih memungkinkan mewariskan hal yang sama bagi keturunannya kelak.

4.  Konsumsi obat-obatan. Beberapa jenis obat-obatan dipercaya mampu mengembangkan resiko gangguan asam urat, diantaranya:

  • Mengkonsumsi obat-obatan diuretik seperti thiazide yang biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, gagal jantung kongestif, dan kondisi lain
  • Mengkonsumsi aspirin dengan dosis rendah setiap hari yang biasanya digunakan untuk mencegah serangan jantung dan stroke
  • Mengkonsumsi obat anti-penolakan seperti cyclosporine yang dikonsumsi setelah melakukan transplantasi organ untuk beberapa kondisi rematologi.
  • Mengkonsumsi levodopa yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit Parkinson
  • Konsumsi niacin yang digunakan untuk meningkatkan high density lipoprotein (HDL) dalam darah.

5.  Minum terlalu banyak alcohol. Mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol dengan dosis sedang hingga tinggi sebanyak dua gelas per hari untuk pria, atau satu gelas perhari untuk wanita, dapat meningkatkan potensi resiko asam urat. Konsumsi bir berpotensi tinggi meningkatkan resiko gangguan asam urat.  Bahaya alkohol juga dapat menyebabkan penyakit paling mematikan di dunia seperti jantung dan kanker.

6. Diet. Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat purin yang tinggi seperti : daging merah, jeroan (hati, ginjal), ikan kalengan, teri, ikan haring, asparagus, kembang kol, kacang, dan jamur dapat mengembangkan resiko gangguan asam urat. Baca : Makanan penyebab asam urat

7. Paparan timbal. Paparan timbal dalam tingkat tinggi juga dipercaya dapat mengembangkan resiko gangguan asam urat.

8. Kondisi kesehatan lainnya. Seseorang yang memiliki gangguan kesehatan seperti obesitas, hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes, kolesterol yang tinggi, hypothyroidism (gangguan tiroid), psoriasis, anemia hemolitik, serta gangguan ginjal memungkinkan memiliki resiko lebih besar untuk terserang gangguan asam urat.

9.  Konsumsi minuman yang terlalu manis. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minuman ringan yang terlalu manis  atau pun minuman yang mengandung fruktosa tinggi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit asam urat. Fruktosa adalah zat gula alami yang ditemukan pada buah-buahan.

10. Mandi malam. Penyebab asam urat tinggi salah satunya adalah mandi malam. Dari jaman dahulu memang telah dipesan oleh orang tua agar jangan mandi terlalu malam, karena mandi malam dapat menyebabkan asam urat. Selain itu mandi malam dapat menyebabkan rematik dan berdampak pada berbagai gangguan metabolisme tubuh.

Gejala Asam Urat

Gejala yang menjadi indikasi jika asam urat telah meninggi:

  1. Sendi terasa ngilu dikarenakan kadar asam urat yang menumpuk pada persendian. yang sering mengalami ngilu biasanya sendi pada kaki, jari-jari kaki, sendi pergelangan tangan dan jari-jari tangan, selama beberapa hari.
  2. Sendi terasa nyeri terutama jika digerakkan atau dibuat gerakan memutar pada tetapak tangan dan telapak kaki.
  3. Penderita merasakan kesemutan terutama di telapak kaki dan telapak tangan. Kesemutan akan terjadi menjelang pagi hari.
  4. Telapak kaki dan telapak tangan menjadi bengkak. Hal ini bisa terjadi pada asam urat yang sudah kronis dimana asam urat telah mengeras menjadi endapan kristal.
  5. Ruam kemerahan pada telapak tangan dan kaki hal itu dikarenakan asam urat sudah mulai meradang.
  6. Penderita kesulitan berjalan dan menggenggam sesuatu dikarenakan sendi-sendi kaki dan tangan nyeri dan ngilu.
  7. Apabila telah parah akan sulit bergerak dan merasakan kesakitan di persendian.

Komplikasi Akibat Asam Urat Tinggi.

Komplikasi akibat asam urat tinggi, antara lain:

  1. Nyeri dan Sakit Parah pada Persendian. Asam urat yang tinggi, yang gagal di cerna seharusnya dikeluarkan oleh ginjal. Jika tidak, akan mengendap dan membentuk kristal-kristal asam urat yang runcing dan menempel pada bagian persendian. Kristal-kristal ini akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri yang berlebihan ketika menggerakkan bagian tubuh yang ditempeli kristal tersebut.
  2. Menghambat Aktivitas. Rasa sakit yang berlebihan pada bagian persendian akan sangat mengganggu dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
  3. Asidosis Metabolik. Asidosis metabolik merupakan suatu kondisi dimana ginjal sulit melakukan pembuangan kandungan asam urat dalam tubuh, sehingga akhirnya asam urat tersebut akan mengkristal dan menempel pada persendian tubuh. Kondisi asidosis metabolik ini akan meningkatkan frekuensi dari pengambilan nafas, sehingga nafas tersenggal-senggal, merasa pusing, lemas, hilangnya kesadaran yang akan berujung pada kematian.  Asidosis metabolik ini dapat terjadi ketika tubuh memiliki asupan purin yang terlalu tinggi dan meningkatkan kandungan asam urat melebihi standar 7 mg /dl.
  4. Batu Ginjal. Bahaya asam urat yang tinggi dan kelebihan asam urat pada urine akan menyebabkan terjadinya batu ginjal. Hal ini disebabkan oleh kondisi asam urat yang kemudian mengkristal dan pada akhirnya akan menjadi batu ginjal, yang akan menyumbat bagian saluran urin seseorang. Hal ini akan berakibat anda akan merasakan nyeri ketika akan membang air kecil.
  5. Gagal Ginjal. Asam urat yang tinggi, akan membentuk kristal-kristal yang dapat menghambat kerja dari ginjal. Selain itu ketidak mampuan ginjal dalam mencerna dan mengeluarkan asam urat dari tubuh akan berakibat fatal, yaitu salah satunya adalah munculnya gejala gagal ginjal, yang tentunya akan sangat berbahaya bagi anda yang menderita asam urat tinggi.
  6. Pirai. Pirai merupakan kondisi dimana seseorang mengalami nyeri yang sangat mengganggu dan luar biasa pada bagian sendi-sendi kecil dan bagian telapak kaki. Hal ini merupakan dampak umum yang terjadi ketika mengalami asam urat. Semakin banyak protein hewani yang dikonsumsi, maka tubuh akan memproduksi asam urat yang banyak pula, hal ini memicu terjadinya pengkristalan dan mengakibatkan nyeri yang tidak tertahankan.
  7. Jantung Koroner. Asam urat tinggi atau Hiperurkemia memiliki hubungan yang erat sekali dengan jenis penyakit jantung koroner. Penyakit ini memiliki suatu sindrom yang menyebabkan adanya kelainan pada bagian insulin, dimana dapat meningkatkan kadar insulin di dalam darah, serta menyebabkan hipertensi dan pada akhirnya berujung pada munculnya gejala penyakit jantung coroner.

Pantangan Makanan bagi Penderita Asam Urat

Makanan yang memiliki zat purin tinggi merupakan makanan pantangan bagi penderita asam urat, diantaranya:

1. Kerang. Kerang merupakan makanan yang dipantang bagi penderita asam urat, karena kerang selain salah satu jenismakanan yang mengandung alkohol tinggi, kerang juga mengandung zat purin tinggi sebanyak 136 mg/ gram.

2.  Makanan Laut. Makanan laut seperti udang, kepiting, cumi dan masih banyak lagi lainnya kaya akan purin sehingga bisa menyebabkan ginjal kesulitan dalam mengeluarkannya. Berikut ini kadar asam urat dari makanan laut yang harus dihindari :

  • Udang memiliki kadar purin sebanyak 234 mg/100 gramnya.
  • Ikan sarden memiliki kadar asam urat sebanyak 480 mg/100 gram.
  • Lobster zat purinnya sebanyak 118 mg/100 gram.

3.  Daging Berlemak. Daging berlemak tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. Hal itu dikarenakan kadar kolesterol yang tinggi di dalam daging berlemak juga memicu kadar purin juga tinggi. Batas normal konsumsi daging adalah maksimal 6 ons per hari. Lemak jahat tidak mampu diuraikan oleh jantung, begitu pula oleh ginjal.

4.  Ikan Yang Diasinkan. Baik ikan teri dan ikan asin mengandung garam yang tinggi. Garam bisa menyebabkan hipertensi, orang yang terkena hipertensi asam urat dan kolesterolnya akan mudah naik dengan cepat. Dalam ikan teri maupun ikan yang diasinkan, zat purinnya sebanyak 239 mg/100 gram.

5.  Makanan Dengan Bahan Kedelai. Makanan dengan bahan kdelai tidak boleh dikonsumsi oleh penderita sam urat. Hal itu dikarenakan kedelai memiliki zat purin tinggi terutama dengan kedelai yang telah diproses fermentasi/ragi. Kacang kedelai sendiri memiliki zat purin sebanyak 190 mg/100 gram. Sedangkan olahan dari kacang kedelai memiliki zat purin lebih tinggi. Tahu memiliki zat purin 208 mg/100 gram.  Tempe zat purinnya 241 mg/gram

6.  Ikan Kakap. Ikan memiliki kadar protein yang tinggi, namun bagi penderita asam urat ikan kakap menjadi pantangan. Hal itu dikarenakan kandungan purin di dalam ikan kakap sebanyak 160 mg/100gram.

7.  Berbagai Macam Jenis Daging. Daging dari berbagai jenis hewan menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Hal itu dikarenakan purin dan juga kandungan kolesterol yang tinggi. Berikut ini berbagai jenis daging yang tidak boleh dikonsumsi dan menjadi pantangan :

  • Daging sapi memiliki zat purin lebih tinggi dari ayam yaitu sekitar 340 mg/100 gram.
  • Daging ayam memiliki zat purin sekitar 169 mg/100 gram.
  • Dada ayam merupakan bagian dari daging ayam. Dada ayam memiliki zat purin tinggi yaitu sekitar 175 mg/100 gram.
  • Daging kalkun memiliki kandungan purin seperti dengan daging ayam.
  • Daging kuda zat purinnya sebanyak 200 mg/100 gram.

8.  Biji Melinjo Dan Kacang Tanah. Biji melinjo dan kacang tanah memiliki zat purin yang tinggi yaitu sekitar 222 mg/100 gram. Hindari emping dan berbagai olahan dari biji melinjo maupun kacang tanah.

9.  Daun Melinjo. Tidak hanya bijinya saja yang menjadi pantangan, namun daunnya juga. Daun melinjo kadar purinnya sangat tinggi yaitu 366 mg/100 gram.

10. Kulit Ayam. Selain mengandung lemak jahat dan kolesterol tinggi, kulit ayam juga memiliki kadar purin yang tinggi yaitu 190 mg/ 100 gram.

11. Bayam Dan Kangkung. Untuk orang normal, kangkung dan bayam sangat bergizi. Namun untuk penderita asam urat kedua sayur itu menjadi pantangan karena kadar purinnya yang tinggi. Kadar purinnya sebanyak 290 mg/100 gram.

12. Jeroan adalah salah satu makanan menjadi pantangan bagi penderita asam urat dan kolesterol. Jeroan adalah semua organ yang ada di hewan. Berbagai macam jeroan dan zat purinnya :

  • Limpa kambing memiliki zat purin 773 mg/100 gram.
  • Hati ayam dengan zat purin 243 mg/100gram.
  • Jantung sapi dengan zat purin 256 mg/ 100 gram.
  • Ginjal sapi zat purin sebanyak 269 mg/ 100 gram.
  • Paru sapi zat purinnya sebanyak 329 mg/ 100 gram.
  • Lidah sapi dengan kandungan purin 160 mg/ 100 gram.
  • Hati sapi dengan zat purin 554 mg/ 100 gram.
  • Jantung kambing sebanyak 241 mg/ 100 gram.

13. Semua jenis olahan daging dan olahan ikan, seperti sosis, nugget, dendeng dan sarden

Pantangan Minuman Bagi Penderita Asam Urat

Pantangan namun juga dari segi minuman pun ada yang menjadi pantangan. Yang menjadi pantangan adalah berikut ini :

  • Soda Dan Bir. Hal ini tidak boleh dikonsumsi karena tinggi akan zat fruktosa. Zat itu ada pada sirup pembuat soda. Pemanis buatan yang ada pada soda ditambahkan dengan zat fruktosa membuat kadar asam urat terpacu dengan cepat dan bisa memproduksi lebih banyak kadar asam urat. Disamping itu dapat menyebabkan osteoporosis.
  • Alkohol, alkohol  berbahaya tidak hanya untuk asam urat, melainkan juga berbahaya bagi kesehatan lainnya.
  • Kopi dilarang bagi penderita asam urat. Kadar purin pada kopi sebanyak 2200 mg.
  • Minuman Cokelat Hangat memiliki kadar purin sebanyak 2300 mg/ 100 gram sehingga tidak boleh diminum.

Sayuran yang Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Urat

Sayur-sayuran yang baik dikonsumsi oleh penderita asam urat dan tidak berpotensi memperparah asam urat, diantaranya:

1.Kacang Pinto. Kacang pinto merupakan golongan kacang-kacangan yang memiliki kandungan folat yang berfungsi sebagai penurun asam urat secara alami apabila dikonsumsi, serta banyak mengandung vitamin, mineral, serat dan protein nabati.  Kacang pinto mampu mencegah terjadi cacat sendi, terjadi komplikasi ginjal dan organ pada penderita asam urat.

2.  Tomat. Tomat merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan utama pada asam urat mencakup vitamin-vitamin (B1, C, A), karbohidrat, fosfor, zat besi dan protein. Tomat berguna untuk penderita asam urat untuk menjaga kadar asam urat dalam darah, salah satunya karena kandungan vitamin C yang tinggi. Tomat mampu menghambat tingginya produksi asam urat dalam darah karena kandungan antioksidan dan vitamin pada daging buahnya. Tomat juga berfungsi sebagai anti inflamasi untuk mencegah peradangan pada sendi yang diakibatkan dari semakin parahnya asam urat dalam tubuh.

3.  Mentimun. Mentimun merupakan golongan sayuran yang mengandung hampir 95% air, purin dalam timun hanya sedikit, yaitu 7,3 mg purin sehingga timun sangat aman jika dikonsumsi oleh penderita asam urat  dan mengandung vitamin-vitamin penting seperti vitamin K, vitamin B,  vitamin C, tembaga, kalium dan mangan, dan mentimun bisa menjadi alternatif untuk menghindari kekurangan gizi, mentimun juga memiliki sifat diuretik, analgesik dan mendorong fungsi pencernaan, sehingga mentimun berfungsi menghilangkan kelebihan kreatin dan asam urat melalui urine. Sifat diuretik pada timun juga memiliki peran untuk mencegah terbentuknya batu ginjal, peradangan pada kasus gout, arthtritis dan asma.

4.  Brokoli. Brokoli merupakan sayuran yang memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh yang bisa dimakan dengan cara dimasak maupun mentah, tidak akan mengurangi kandungan gizinya. Kandungan gizi pada brokoli mencakup besi, protein, kalsium, kromium, karbohidrat, vitamin A dan vitamin C. Manfaat-manfaat brokoli sebagai anti-kanker (mengurangi resiko kanker payudara, kanker usus, kanker paru-paru), anti penuaan, melancarkan sistem pencernaan, menjaga kekebalan tubuh, menjaga penglihatan, memperkuat tulang, mencegah anemia dan melindungi terhadap radiasi sinar ultraviolet. Manfaat lainnya bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat karena dapat mencegah racun yang masuk termasuk asam urat sebagai bentuk radikal bebas bagi tubuh.

5.  Wortel. Wortel kandungan utama pada wortel adalah vitamin A, vitamin K, folat, magnesium dan serat yang bisa digunakan sebagai terapi untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Untuk menggunakan wortel sebagai bahan alami terapi asam urat wortel dapat dikonsumsi dalam bentuk jus. Komposisi yang bisa digunakan adalah 2 wortel di campur dengan 1 timun dan 8 seledri lalu dihaluskan dengan blender. Bisa dikonsumsi secara rutin minimal 1 kali sehari.

6.  Kentang. Kentang juga merupakan sayuran untuk mengurangi gejala asam urat. Kentang yang direbus tidak akan kehilangan nutrisi pentingnya seperti protein, kalium, fosfor, vitamin B kompleks dan vitamin C. Selain itu kentang memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan. Vitamin B5 pada kentang juga diperlukan oleh penderita asam urat untuk memecah nutrisi menjadi energi dan mendukung fungsi hati.

7.  Kacang Panjang Perancis. Kacang panjang perancis merupakan sayuran yang memiliki panjang mencapai 75 cm, berwarna hijau dan memiliki biji. Jenis kacang panjang ini mengandung gizi tinggi diantaranya asam folat, serat alami, kalium, vitamin C, riboflavin, thiamin dan magnesium. Kacang panjang perancis juga dapat digunakan pada penderita yang memiliki masalah tulang, metabolisme, enzim dan bisa mengurangi resiko terserang diabetes. Selain diolah menjadi masakan, kacang panjang perancis dapat dikonsumsi dengan cara di jus.

8.  Daun Seledri. Daun seledri bisa dimanfaatkan untuk membantu menurunkan asam urat darah. Daun seledri memiliki kandungan yang berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit. Kandungan utama pada daun seledri mencakup senyawa flavonoid, apiol, glikosida, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C. Kandungan untuk melancarkan ekskresi asam urat dari tubuh dengan meningkatkan kerja ginjal. Kandungan glikosida yang tinggi pada daun seledri juga bermanfaat untuk mengatasi permasalahan persendian secara efektif.

9.  Ekstrak Biji Seledri. Biji seledri dapat dimanfaatkan sebagai terapis yang digunakan untuk menurunkan asam urat pada penderita asam urat tinggi. Namun, jika Anda ingin membuatnya sendiri dirumah, Anda bisa mengkonsumsi ekstrak biji seledri dengan cara di jus dan bisa ditambahkan dengan madu sebagai cita rasa manis.

10. Jagung. Jagung seringkali dijadikan alternatif  makanan diet untuk menggantikan nasi karena sama-sama mengandung karbohidrat namun sangat rendah kolesterol. Bahkan jagung juga diolah menjadi gula sehat yang digunakan untuk penderita diabetes. Selain itu, penderita asam urat pun juga dapat memanfaatkan jagung seperti kandungan tingginya vitamin, mineral dan kaya serat.

11. Sawi Hijau. Sawi hijau merupakan sawi-sawian yang berperan anti-inflamasi. Sawi hijau baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi dan juga asam urat. Kandungan sawi hijau mencakup vitamin C, vitamin E, vitamin A, vitamin B, zat besi beta karoten, kalium, fosfor, zat besi, kalsium serta kandungan serat yang tinggi. Kandungan tersebut tidak hanya bermanfaat untuk kolesterol dan asam urat saja, namun juga dapat melancarkan pencernaan dan pencegahan kanker. Kandungan penting dalam sawi dapat mencegah oksidasi LDL dalam tubuh pada penderita asam urat.

12. Sawi Putih. Sawi putih  bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler dengan mencegah asupan radikal bebas berlebihan dalam tubuh. Kandungan fitonutrient pada sawi putih memiliki manfaat untuk menurunkan asam urat dengan cara melancarkan sistem ekskresi. Manfaat sawi putih lainnya adalah untuk mengobati influenza, luka memar, rematik tau nyeri sendi dan bisul.

13. Lobak. Lobak merupakan sayuran yang bersifat diuretik kuat yang dapat merangsang ginjal untuk memproduksi lebih banyak urin. Fungsi kerja lobak tersebut tentunya dapat membantu pengeluaran asam urat yang meningkat dalam tubuh. Lobak memiliki kandungan enzim dalam jumlah tinggi yang disebut diastase, berfungsi untuk melancarkan pencernaan pati dalam usus. Selain untuk menurunkan asam urat, lobak juga berfungsi sebagai anti-diabetes, pembersih ginjal dan mencegah resiko batu ginjal. Kandungan penting lainnya pada lobak antara lain: vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, vitamin E, minyak atsiri, betakaroten, niacin, mangan, kolin, asam folic, zat besi, kalsium, asam oksalat, serat, serta fosfor.

14. Labu Kuning.  Labu kuning memiliki khasiat penting untuk membantu menurunkan kadar asam urat darah pada penderita asam urat tinggi. Kandungan utama pada labu kuning mencakup zat besi, kalium, selenium, zinc, vitamin-vitamin dan masih banyak nutrisi penting lainnya. Kandungan antioksidan pada labu kuning bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas termasuk zat asam urat dan merangsang kinerja ginjal untuk lebih banyak memproduksi urin.

15. Daun Serai. Daun serai berperan sebagai anti-inflamasi untuk mengatasi keluhan arthritis, radang saluran kemih dan juga asam urat. Daun serai dapat meningkatkan kinerja organ ginjal. Daun serai memiliki sifat antiseptik sehingga dapat membersihkan tubuh Anda dari infeksi jamur, bakteri dan membersihkan darah dari limbah asam urat berbahaya. Kandungan zat besi yang tinggi pada daun serai bermanfaat bagi penderita anemia. Serai yang dicampur dengan teh dapat membantu membersihkan detoksifikasi pankreas dan menurunkan tingkat gula darah.

16. Peterseli.   Peterseli bermanfaat untuk menghilangkan asam urat berlebihan dalam tubuh karena memiliki sifat diuretik. Peterseli sebagai terapis pada asam urat akan menekan asam urat pada darah dan dialirkan ke ginjal atau saluran kemih lalu dibuang. Namun, sering mengkonsumsi peterseli menimbulkan efek samping seperti mual, sakit kepala, ruam dan kerusakan hati, sehingga untuk penggunaannya lebih baik dibatasi dan jangan berlebihan. Kandungan penting pada peterseli mencakup zat besi, kalsium, protein, asam folat, betakaroten, klorofil, antoksidan, antibakteri, vitamin A, vitamin B12, serta vitamin C. Selain untuk asam urat, peterseli juga bisa digunakan untuk mengatasi kolesterol.

17. Daun Salam.  Daun salam sejenis dengan daun serai yang termasuk golongan rempah-rempahan Kandungan penting pada daun salam mencakup zat antioksidan, flavonoid, salisilat, rutin, fitonutrien dan vitamin (A dan C). Daun salam bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah, kolesterol, pengobatan batu ginjal dan asam urat. Penggunaan daun salam untuk mengurangi kadar asam urat tubuh cenderung tidak memiliki efek samping jika dikonsumsi dengan benar. Sebaiknya tidak mengkonsumsi daun salam dalam bentuk mentah. Selain itu, daun salam dapat digunakan sebagai obat herbal kolesterol tinggi, diare, maag dan kencing manis. Daun salam mengandung minyak esensial seperti eugenol yang juga bermanfaat mengatasi keluhan kesehatan termasuk mengontrol kolesterol.

18. Jahe.  Jahe memiliki kandungan komponen aktif yaitu Gingerol yang bermanfaat besar untuk mengurangi produksi enzim penyebab peradangan termasuk pada kasus peradangan asam urat. Gingerol akan bekerja untuk menghambat sinyal yang dikirim ke otak yang menyebabkan rasa sakit atau nyeri, sehingga bisa meredakan nyeri pada asam urat. Jahe sudah dipercaya sejak lama untuk membantu meredakan asam urat dengan mengkonsumsi rutin setiap hari dengan dipotong- potong kecil atau bisa juga direbus. Jahe efektif untuk mengurangi peradangan akibat timbulnya kristal-kristal asam urat. Untuk mengolah jahe, dapat direbus bersama air putih atau bisa dengan teh. Dikonsumsi setiap hari tidak akan menimbulkan efek samping signifikan, justru menambah kebugaran tubuh Anda.

19. Sayur Pare.  Pare merupakan jenis sayuran yang dapat meningkatkan produksi sel beta pankreas untuk meningkatkan produksi insulin. Manfaat pare meliputi membantu mengobati diabetes, meningkatkan produksi insulin, mencegah obesitas dan dapat meredakan pembengkakan pada penderita asam urat. Pare juga jenis sayur untuk asam urat karena pare bisa meredakan pembengkakan asam urat karena memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi yaitu sekitar 40% AKG. Dimana vitamin C tersebut berperan sebagai anti-inflamasi untuk meredakan pembengkakan.

20. Sidaguri. Sidaguri bermanfaat untuk asam urat adalah pada bagian akarnya yang mengandung alkaloid, steroid dan juga epitedrine. Steroid pada sidaguri berperan sebagai anti radang dan dapat meredakan nyeri pada penderita asam urat dan rematik. Selain untuk mengatasi asam urat, sidaguri juga dapat meredakan flu, meredakan asam dan masih banyak manfaat sidaguri untuk kesehatan lainnya.

21. Black plum. Black plum baik untuk dikonsumsi penderita asam urat karena mengandung serat alami yang tinggi. Kandungan zat purin dalam black plum juga rendah, sehingga aman dikonsumsi seseorang yang memiliki asam urat tinggi.

22. Teh Hijau. Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan mampu menurunkan kolesterol tubuh dan asam urat.

23. Kubis.  Kubis termasuk golongan sayuran memiliki kandungan gizi yang lengkap mencakup kalsium, kalium, mangan, zat besi, vitamin B1, vitamin B, folat, tembaga, C dan kolin. Kandungan serat yang tinggi pada kubis terbukti bermanfaat besar bagi penderita asam urat, karena serat sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan dalam kubis tersebut dapat menyerap kadar asam urat berlebihan dalam tubuh sehingga dapat mengendalikan kadar asam urat dalam tubuh tetap pada ambang normal.

24. Belimbing Wuluh.  Belimbing merupakan sayur untuk asam urat yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat dijadikan alternatif makanan yang dapat meredakan asam urat tubuh.

25. Daun Selada.  Daun selada kaya akan vitamin seperti vitamin A, C, E dan K. Selada juga mengandung zat-zat penting lainnya seperti etakaroten, seng, asam folat, magnesium, kalsium, zat besi, mangan, fosfor, dan natrium. Daun selada juga baik dikonsumsi oleh penderita asam urat tanpa menimbulkan efek yang memperparah asam urat.

Tips Mengurangi Kadar Asam Urat Tubuh

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengurangi kadar asam urat yang terkandung di dalam tubuh anda :

1.Kurangi rasa sakit dengan obat asam urat. Banyak obat-obatan yang beredar di pasaran untuk mengurangi rasa nyeri akibat asam urat, tetapi apabila mengkonsumsi obat-obat tersebut harus dengan resep dokter.

2. Banyak minum air putih.   Air putih akan sangat membantu tubuh dalam melancarkan pencernaan. disamping  itu air putih juga sangat berguna untuk memperlancar pembuangan urine dan dapat mencegah terjadinya gejala batu ginjal.

3. Konsumsi makanan potasium tinggi.  Makanan yang mengandung potasium tinggi dapat membantu mengurangi kandungan asam urat yang terdapat di dalam tubuh. Makanlah pisang, yoghurt, kentang untuk mencegah asam urat.

4. Hindari bahan makanan pemicu asam urat tinggi. Merupakan pantangan yang tidak boleh dilanggar apabila sudah merasakan gejala dari tingginya kadar asam urat dalam tubuh.

5. Kadar asam urat ini memiliki standar tersendiri di dalam tubuh manusia. Kandungannya diwajibkan jangan sampai lebih dari 7 mg/dl di dalam tubuh. Apabila kandungan asam uratnya melebihi standar tersebut, maka akan menimbulkan bahaya asam urat dengan rasa sakit pada bagian persendian.

Cara Mengatasi Asam Urat dengan Pola Konsumsi

1.Cara mengatasi asam urat dapat dilakukan dengan dua acara yaitu dengan pola konsumsi/pola hidup dan dengan obat. Berikut ini gaya hidup yang bisa kita lakukan untuk terhindar dari asam urat:

2. Makan makanan yang disarankan, Anda perlu mengetahui makanan apa saja yang memiliki kandungan yang baik untuk mencegah asam urat, seperti Konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi. Makanan yang mengandung potasium tinggi seperti tomat, kentang, pisang. Dan Buah-buahan yang mengandung vit C.

3. Jagalah berat badan agar tetap ideal, Pada orang yang menderita kegemukan (obesitas) biasanya asam urat naik karena kurang berolahraga, dan pengeluaran sedikit. Jadi yang harus dilakukan adalah melakukan olahraga yang cukup sehingga berat badan ideal kembali.

4. Selain berolahraga, segala asupan energi disesuaikan dengan kebutuhan tubuh, berat badan dan tinggi badan.

5. Kurangi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti permen, gulali dan sirup.

6. Gaya hidup harus seimbang, jaga kesehatan fisik dengan bekerja secara proporsional. Jangan kita paksa tubuh kita untuk bekerja terlalu keras tanpa diimbangi dengan istirahat cukup.

7. Kita juga perlu konsumsi makanan penunjang yang aman dimakan seperti nasi, daging ayam, telur, keju, susu.

8. Selain itu kita perlu banyak minum air putih, karena air putih dapat membantu pengeluaran zat purin penyebab asam urat dari dalam tubuh.

Obat-obatan yang Dapat Menghilangkan Asam Urat

Beberapa jenis obat-obatan berikut dapat membantu meredakan gangguan asam urat Anda, seperti:

  • Penggunaan obat anti-inflamasi non steroid yang digunakan untuk meredakan rasa sakit, seperti etoricoxib,  disclofenac, dan naproxen.
  • Penggunaan Colchicine untuk mengurangi kekuatan kristal-kristal natrium urat  dalam menyebabkan peradangan pada daerah persendian. Dengan berkurangnya kemampuan kristal-kristal tersebut, maka rasa sakit bisa berkurang.
  • Penggunaan kortikosteroid yang disuntikan ke dalam otot atau langsung ke dalam sendi yang mengalami radang untuk meredakan rasa sakit.

Obat Tradisional untuk Mengatasi Asam Urat

Cara mengatasi asam urat dengan obat tradisional cukup di anjurkan karena tidak memiliki efek samping. Terdapat lima bahan herbal yang bisa dijadikan ramuan herbal untuk mengatasi asam urat, diantaranya:

Jeruk. Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C, sehingga kadar asam urat di dalam tubuh akan berkurang atau menurun. Vitamin C yang ada di dalam jeruk dapat melarutkan kadar asam urat di dalam darah sehingga asam urat bisa menurun.

Family Berry.  Makanan sehat yang bisa digunakan sebagai obat herbal asam urat adalah buah yang termasuk dalam family berry yang memiliki kandungan vitamin C yang berguna untuk kesehatan.   Berikut ini adalah family berry yang bisa digunakan sebagai obat herbal asam urat :

  • Blueberry. Family berry yang satu ini mengandung zat anthocyanosides. Zat tersebut merupakan antikoksidan yang terkuat. blueberry juga kaya akan vitamin C, A dan juga B. Selain bisa digunakan untuk menurunkan kadar asam urat, buah ini bisa digunakan penangkal radikal bebas dan juga sebagai pencegah penuaan dini.
  • Blackberry. Buah yang satu ini memang memiliki rasa yang asam, namun bagi penderita asam urat yang ingin menurunkan kadar asam urat di dalam tubuhnya, sebaiknya tetap menggunakan buah blackberry yang asli. Manfaat lain buah ini dapat digunakan untuk mengobati luka, menghentikan diare, meringankan wasir dan juga mengobati sariawan.
  • Anggur.  Family berry satu ini merupakan buah yang manis dan sedikit asam.. Anggur merah merupakan anggur yang memiliki rasa termanis sedangkan anggur hijau merupakan anggur dengan rasa terasam. Semua jenis anggur bisa digunakan sebagai obat herbal asam urat. Diantara family berry lainnya, anggur satu-satunya buah yang menghasilkan kandungan fruktosa alami dan glukosa.  Anggur mudah dicerna dan menghasilkan banyak energi. Manfaat buah anggur selain bisa menurunkan kadar asam urat juga bisa digunakan sebagai penjaga lesehatan ginjal dan juga usus. Meskipun memiliki banyak manfaat, anggur menjadi pantangan bagi penderita diabetes. Hal itu dikarenakan kandungan fruktosa dan glukosanya yang tinggi.
  • Cranberry.  Family berry lainnya yang bisa berguna untuk mengobati asam urat adalah buah cranberry. Buah ini seperti cherry dan berwarna merah segar. Selain mengandung vitamin C yang tinggi, buah ini banyak mengandung antioksidan, polyphenol, cyanidin, peonidin dan quercentin. Manfaat buah ini adalah sebagai pencegah batu ginjal dan juga sebagai pencegah kanker.

Buah Cherry. Buah cherry dapat digunakan mengobati asam urat. Ciri khas dari cherry adalah memiliki rasa manis dan legit. Cerry mengandung  anti inflamasi atau anti peradangan lah yang membuat buah cherry ini bisa digunakan sebagai obat herbal asam urat.

Yoghurt.  Yoghurt mempunyai kandungan bakteri baik yang berguna untuk menurunkan kadar asam urat yang ada di dalam darah manusia dan yoghurt kaya akan vitamin dan mineral. Yoghurt sebanyak dua kali dalam sehari agar kadar asam urat yang ada di dalam tubuh menjadi menurun atau berkurang. Jangan berlebihan dalam mengkonsumsi yoghurt, cukup dua kali dalam sehari namun rutin.

Jeruk Nipis.  Jeruk nipis dapat digunakan untuk meluruhkan asam urat. Jeruk nipis pun bisa digunakan sebagai peluruh kadar asam urat yang berlebihan di dalam tubuh manusia. Bagi orang yang memiliki maag dan asam lambung tidak diperbolehkan mengkonsumsi jeruk nipis secara berlebihan.

Mencukupi Kebutuhan Air Putih. Air putih yang mengandung kadar elektrolit tinggi. Kadar elektrolit yang tinggi pada air mineral bisa digunakan sebagai sarana detoksifikasi racun di dalam tubuh dan bisa digunakan sebagaii peluruh kadar asam urat yang berlebihan di dalam darah manusia.

Sayur.   Beberapa sayuran segar yang jika dikonsumsi secara cukup bisa digunakan sebagai peluruh kadar asam urat yang berlebihan di dalam tubuh manusia.  Beberapa sayuran ini merupakan sayuran sehat dan baik untuk dikonsumsi penderita asam urat sebab berfungsi juga sebagai obat

Bidara.  Tanaman Bidara ini bisa digunakan sebagai obat herbal asam urat dikarenakan mengandung aldehid, alkane, flavonoid, keton dan juga berbagai jensi mineral. Mineral yang terkandung dalam tanaman bidara adalah kalium, kalsium dan juga natrium. Cara membuat obat herbal dari tanaman bidara ini adalah sebagai berikut ini:

  • Bahan.  10 gram daun bidara, 10 gram temulawak, 1 gram buah lada, 9 gram komfrey dan 5 gelas air.
  • Cara pembuatan.  Cuci bersih semua bahan bahan. Setelah dicuci bersih, rebuslah semua bahan bahan. Sisakan airnya menjadi tiga gelas. Minumlah air ramuan dan rebusan tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari yaitu pada saat pagi, siang dan juga saat menjelang malam hari.

Kumis Kucing. Daun kumis kucing bisa digunakan untuk mengobati penyakit kencing batu. Sifatnya sebagai diuretik dipercaya bisa digunakan sebagai obat herbal asam urat dengan cara melarutkan kadar asam urat yang berlebihan. Kadar asam urat yang berlebihan itu akan dikeluarkan bersamaan dengan air seni atau air kencing. Berikut ini cara membuat obat herbal menggunakan daun kumis kucing yang bisa dibuat di rumah :

  • Bahan.  20 gram daun kumis kucing yang basah, 20 gram daun meniran, 20 gram daun sawi, 30 gram jahe merah dan 10 gram dan kapulaga yang telah dikeringkan.
  • Cara pembuatan. Cuci bersih semua bahan bahan yang telah disiapkan. Setelah itu tumbuklah jahe merah terlebih dahulu atau anda juga bisa menggepreknya. Rebuslah semua bahan bahan yang telah disiapkan menggunakan air sebanyak 1 liter. Tunggu sampai mendidih. Saat air sudah menjadi setenganya, matikan api kemudian didinginkan. Saat airnya berubah menjadi hangat, minulah air ramuan tersebut. Meminumnya sebanyak tiga kali dalam sehari.

Daun Salam. Daun salam  bisa digunakan untuk menurunkan kadar asam urat yang ada di dalam tubuh. Senyawa yang ada di dalam daun salam adalah flavonoid, tannin dan juga minyak atsiri. Berikut ini adalah cara menggunakan daun salam sebagai obat herbal asam urat :

  • Bahan. 17 lembar daun salam yang sudah kering.
  • Cara pembuatan.  Cucilah daun salam tersebut cukup dengan air yang mengalir. Rebus  daun salam itu dengan 3 gelas air. Tunggu sampai mendidih.  Saat air rebusan tinggal segelas, matikan api. Tunggu sampai air rebusan berubah menjadi hangat.  Saat sudah berubah menjadi hangat minum air rebusan itu.  Air rebusan ini efektif diminum satu hari sekali setiap menjelang tidur

Herbal Bangle. Bangle merupakan bahan herbal yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Herbal bangle juga dipercaya bisa digunaan untuk menangka hal hal yang berbau mistis. Biasanya bangle sering dicampurkan bersamaan dengan dlingo untuk mengobati penyakit. Namun untuk mengobati asam urat,

  • Bahan. Bangle harus dicampurkan bersamaan dengan jahe biasa, kapulara, lada, cengeh, biji pala dan juga kayu manis.
  • Cara pembuatan. Cuci bersih semua bahan bahan yang telah disiapkan. Rebuslah semua bahan bahan tersebut menggunakan tiga gelas air. Saat air sudah menyusut menjadi setengahnya, saring kemudian minum air rebusan itu sebanyak tiga kali dalam sehari.

Jahe. Jahe banyak digunakan untuk mengatasi perut kembung, mengatasi masuk angin, penghangat badan, obat terkilir dan peradangan. Jahe ternyata juga bisa digunakan sebagai obat herbal untuk asam urat hal itu dikarenakan di dalam jahe terdapat kandungan senyawa dan mineral yang sanat bagus untuk kesehatan manusia. Cara mengatasi asam urat menggunakan jahe adalah sebagai berikut ini:

  • Bahan. jahe dengan ukuran sebesar 2 ibu jari, madu.
  • Cara pembuatan. Cuci bersih jahe.  Potong potong jahe tersebut atau bisa juga digeprek agar sari jahe keluar. Rebuslah jahe yang sudah dipotong potong atau digeprek menggunakan satu gelas air. Tunggu sampai mendidih dan sampai aroma jahe tercium.  Setelah itu matikan api, tunggu sampai air rebusan berubah menjadi hangat.  Saat air rebusan berubah menjadi hangat, tambahkan madu murni.  Minum sehari sekali dan secara teratur agar kadar asam urat di dalam tubuh menjadi normal kembali.

Cengkeh. Cengkeh juga bisa digunakan untuk mengobati asam urat dan obat herbal untuk mengatasi rematik. Cara mengobati asam urat menggunakan cengkeh adalah sebagai berikut ini :

  • Bahan.  10 gram cengkeh dan juga jahe dengan ukuran 2 ibu jari tangan orang dewasa.
  • Cara pembuatan.  Cuci semua bahan hingga bersih. Tumbuk cengkeh agar sarinya keluar.  Tumbuk jahe atau gepek jahe sampai sari sari jahe keluar. Rebuslah semua bahan bahan menggunakan satu gelas air. Tunggu sampai aroma jahe dan aroma cengkeh tercium. Setelah itu matikan api. Saat air berubah menjadi hangat, anda bisa mengoleskan air ramuan yang hangat tersebut ke bagian yang terasa panas, nyeri dan linu. Mengoleskannya bisa secara berulang ulang dikarenakan air ramuan ini digunakan sebagai obat luar saja.

Akar Pohon Pepaya Gantung. Daun pepaya dan akar pohon pepaya bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit salah satunya adalah asam urat. Akar pepaya gantung dipercaya sebagai obat yang efektif untuk mengatasi penyakit asam urat dan juga rematik. Cara mengobati asam urat menggunakan akar pepaya adalah sebagai berikut ini:

  • Bahan. Siapkan sebanyak 5 buah akar pepaya gantung dimana masing masing akarnya seukuran jari orang dewasa.
  • Cara pembuatan. Cuci sampai benar benar bersih. Potong potonglah sampai berukuran kecil.  Siapkan sebanyak sendok makan lengkuas yang sudah ditumbuk. Cara pembuatannya adalah dengan merebus semua bahan bahan menggunakan 4 gelas air. Rebus sampai mendidih dan sampai air rebusan menyusut satu gelas. Saat sudah menyusut satu gelas, tambahkan gula aren sedikit. Minum air rebusan tersebut sebanyak tiga kali dalam sehar masing masing satu gelas.  Rutinlah meminum air rebusan tersebut agar asam urat segera sembuh dan kadar asam urat menjadi normal kembali.

Kulit Manggis. Khasiat kulit manggis memiliki kandungan antioksidannya yang tinggi dan berbagai macam senyawa lainnya dipercaya bisa digunakan untuk menormalkan kadar asam urat yang berlebihan. Berikut ini adaah cara mengobati asam urat menggunakan kulit manggis :

  • Bahan. Iris tipis tipis kulit manggis.
  • Cara pembuatan. Jemur sampai benar benar kering. Masukkanlah kulit manggis yang sudah kering ke dalam gelas. Seduh menggunakan air panas.  Tunggu sampai air berubah warna.  Saring, kemudian minumlah air seduhan kulit manggis setiap hari dan secara teratur.

Lemon. Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C, selain itu lemon juga kaya akan antioksidan. Kandungan vitamin C nya yang tinggi membuat buah lemon bisa digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara melarutkan kadar asam urat yang ada di dalam darah tubuh manusia. Kandungan antioksidannya yang tinggi juga membuat lemon bisa digunakan untuk menangkal radikal bebas. Selain itu lemon juga dipercaya bisa digunakan untuk menghilangkan suara serak

Daun Sosor Bebek. Tanaman cocor bebek, kandungan senyawa dan juga mineral yang ada di dalam daun sosor bebek dipercaya bisa digunakan sebagai peluruh kadar asam urat yang berlebihan di dalam tubuh manusia. Berikut ini adalah cara membuat ramuan obat herbal asam urat dari daun sosor bebek :

  • Bahan. Yang disiapkan adalah biji pala, cengkeh, kapulaaga, jahe dan juga daun sosor bebek itu sendiri.
  • Cara pembuatan. Cuci bersih semua bahan bahan yang telah disiapkan. Rebus semua bahan bahan tersebut menggunakan tiga gelas air. Tunggu sampai mendidih. Saat mendidih, anda bisa menyisakan air rebusannya menjadi setengah. Minumlah air rebusan itu sebanyak tiga kali dalam sehari dan secara teratur.

Kayu Manis. Kayu manis  bisa digunakan sebagai obat herbal asam urat. Berikut ini adalah cara mengobati asam urat dengan menggunakan kayu manis :

  • Bahan. Untuk bisa mengobati asam urat, kayu manis harus dicampurkan dengan bahan bahan lainnya. Bahan bahan yang harus disiapkan adalah kapulaga, cengkeh, jahe merah, kayu manis, lada dan juga biji pala.
  • Cara pembuatan. Cuci semua bahan. Rebus semua bahan menggunakan tiga gelas air. Saat sudah mendidih, sisakan air rebusannya menjadi setengahnya saja. Setelah itu saring, dan minum air rebusan sebanyak tiga kali dalam sehari secara teratur.

Sidaguri. Sidaguri kaya akan zat alkaloid, sam amino, kalsium oksalat, saponin, minyak atsiri, tanin, zat phlegmatic, lubrikan dan juga fenol. Yang digunakan untuk mengobati asam urat adalah bagian akarnya. Di bagian akar tanaman ini kaya akan steroid, aphredne dan juga alkaloid. Akar sidaguri juga mengandung zat kimia dimana zat kimia itu mampu digunakan sebagai zat anti inflamasi, meredakan infeksi kencing manis dan juga sebagai penghilang nyeri. Berikut ini adalah cara mengobati asam urat menggunakan akar sidaguri :

  • Bahan. 15 gram akar sidaguri dan air sebanyak tiga gelas air.
  • Cara pembuatan.  Cuci bersih akar sidaguri. Rebus akar siaguri dengan tiga gelas air. Sisakan air rebusan menjadi setengah. Ketika dingin minum sebanyak tiga kali dalam sehari yaitu pagi, siang dan malam hari sebelum tidur.

Leave a Reply